Jumat, 06 Mei 2011

Menjadi seorang web designer

pertama-tama tuh mesti tau siapa sih WEB master itu??? web master adalah orang yg bertanggung jawab terhadap kelangsungan suatu website (admin lah contohnya).
oo iya jadi dalam membuat website itu terbagi 3 jenis....:
yg pertama tuh td web master....

2. web desaigner....
ini nih orang yg kerjaannya nge-desain WEB... minimal memiliki keahlian di bidang multimedia dan desain grafis.

3. web developer....
ini nih orang yg kerjaannya nge-rancang coding dari suatu web... minimal memiliki kemampuan algoritma dasar, dan tentunya menguasai bahasa pemrograman web (khusunya yang scripting) macam: PHP,ASP,Javascript,VB.NET.dll

okeh sekarang... bagaimana memulai untuk mengembangkan sebuah site??
ini mah pendapat pribadi saya yang didasari oleh pengalaman doang jadi bukan absolut...

- pertama-tama bentuk tim yang solid dulu (g mesti tim sih... sebenernya sendirian juga bisa, tapi kan kita sebagai manusia punya kelebihan dan kekurangan jadi dengan membentuk tim kita bisa saling menutupi kekurangan masing2) cari partner yang kompeten di bidangnya.... mis: 2 orang sebagai desaigner web, 1 sebagai perancang database, 2 programmer.

- selanjutnya analisa permasalahan... website di buat untuk tujuan apa? sasarannya siapa? pembuatan gantt chart (rincian estimasi waktu pembuatan proyek) sampai yang permasalahan teknis kyk: mo di bikin brapa kolom? struktur navigasinya gimana?, de el el..

- udah dapet gambaran... mulai dah tahap pembuatan desain... pastikan halaman yg pertama dibuat adalah index. nah disini web desaigner berperan... dari bagaimana CSS yg dipakai, gunakan flash sebagai animasinya, teknik slicing dengan potosop de el el...
tips: jangan masukin banyak gambar, jangan memberikan warna yang terlalu mencolok, animasi sekedarnya... biar nanti user yg ngebuka bisa nyaman.... Wink

- lanjut dah ke tahap perancangan database... nah ini bagian lumayan berat... coz sangat menentukan nantinya... oke mulailah dengan merancang ERD (entitiy Diagram Relationship) nah ntar kan ketauan tuh kita menggunakan berapa table dalam database kita... lalu table mana aja yg saling terhubung... field apa yg di jadiin primary key dari setiap table...

- next... ini tahap terberatnya... jeng jeng jeng... nulis coding. sebenernya nulis coding khususnya buat web ato pemrograman aplikasi pada umumnya, selain menguasai algoritma dan bahasa pemrograman juga dibutuhkan logika, nalar, ama kreatifitas. yah sama lah klo kita bikin lagu... yang susah kan tentuin baselinenya... kalo udah dapet mah melod, tapping, bending, ato segala macam teknik DEWA gitar lainnya mah ngikut dengan sendirinya... Twisted Evil lho.. ini ngomongin pemrograman apa bikin lagu..??? back to permasalahan... intinya buatlah code seminim mungkin dengan fungsionalitas sebesar mungkin... (biar g ngabisin kuota di tempat hostingan tongue)
tips: pakailah bahasa pemrograman yg opensource macam PHP, perl. kalo kita pakai PHP ini saran dari aku... gunakan fungsi include(); trus rubah path dari absolut menjadi relative biar aman, gunakan fungsi mysql_escape_strings biar kagak di sqlinject ama orang. selalu perhatikan aspek keamanan... kebanyakan webdeveloper lupa akan sisi keamanan mreka malah mementingkan desain yang keren... padahal website mreka cacad... banyak bugs dimana2... buktinya... liat aja betapa mudahnya situs .go.id alias situs pemerintahan kita di bobol itu karena di bikinnya asal2an.

- ooh iya jangan lupa bikin pula halaman untuk admin. dimana di situ tempat buat upload file, management content dll. emang sih kita disini sama aja ama bikin 2 site... tp yakin deh itu berguna bgt... itung2 buat menghemat waktu nanti klo mo update content (jadi g usah ubah dari hard code langsung)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar