Rabu, 13 April 2011

.::: Daftar Megaproyek Infrastruktur SBY 2011 Senilai Rp126 triliun atau Rp 126.000.000.000.000 atau $14 Miliar Dolar atau $14.000.000.000 :::.

List of infrastructure mega-projects worth Rp126 trillion SBY 2011 or USD $ 126,000,000,000,000 or $ 14 Billion Dollars or $ 14,000,000,000

Guna menggenjot pertumbuhan ekonomi, pemerintah bertekad mempercepat pembangunan proyek-proyek infrastruktur besar pada tahun ini. Bahkan, untuk mewujudkannya, pemerintah mengalokasikan anggaran sangat besar hingga Rp 126 triliun untuk membangun proyek-proyek infrastruktur tersebut. ( baca Ulasan Pembangunan Flyover Casablanca Dari Sisi Maket Konstruksi, Tinggi Dan Desain Flyover Anti Macet dan Konsep MRT Dan Bus Terowongan Jakarta Dan Maket MRT Jakarta )

Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Senin, 4 Januari 2011, anggaran itu mengalami kenaikan Rp18 triliun dibandingkan tahun sebelumnya (2010) sebesar Rp108 triliun. Tak pelak, kementerian Pekerjaan Umum merupakan instansi yang menerima alokasi anggaran terbesar.

Kebijakan pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenai pembangunan infrastruktur merupakan proyek-proyek yang paling banyak ditunggu masyarakat.

Berikut, sejumlah proyek besar yang siap dibangun tahun ini dan rinciannya dari http://fakta-dan-unik.blogspot.com & http://animetg.blogspot.com :

1. Mass Rapid Transit (MRT)

Pembangunan MRT merupakan salah satu proyek prestisius transportasi yang akan meliputi 13 stasiun perhentian, dengan nilai investasi sekitar Rp11 triliun. Tujuh stasiun berada di permukaan tanah yakni Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, H. Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.
MRT

Sisanya, di bawah tanah (subway) terletak di Masjid Al-Azhar, Istora Senayan, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI.

Sedangkan pembangunan jaringan MRT itu terbagi menjadi dua koridor. Koridor-1 merupakan jalur Utara-Selatan, terbentang mulai dari Lebak Bulus hingga Kampung Bandan. Adapun Koridor-2 merupakan jalur Timur-Barat, terbentang mulai dari Balaraja hingga Cikarang.

2. Jalan Tol Trans Jawa

Jalan tol Trans Jawa adalah jalan tol terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Anyer hingga Banyuwangi. Jalan ini diperkirakan menelan dana investasi senilai Rp 46,77 triliun. Salah satu ruas tol Tran Jawa yang sudah beroperasi adalah Kanci-Pejagan di Cirebon. Tahun ini, pemerintah akan membereskan soal pembebasan lahan, sekaligus membangun konstruksi jalan tol.
Toll

Adapun ruas-ruas tol secara keseluruhan yang akan dibangun adalah:

1. Cikopo-Palimanan sepanjang 116 kilometer (km),
2. Pejagan-Pemalang (57,5 km),
3. Pemalang-Batang  (39 km),
4. Batang-Semarang (75 km),
5. Cikarang-Tanjung Priok (33,92 km),
6. Cikampek-Palimanan (116 km),
7. Kanci-Pejagan (34 km),
8. Semarang-solo (75,7 km),
9. Solo-Mantingan-Ngawi (90,1 km),
10. Ngawi-Kertosono (87,02 km),
11. Kertosono-Mojokerto (41 km),
12. Surabaya-Mojokerto (37 km),
13. Gempol-Pasuruan (32 km),
14. Pasuruan-Probolinggo (45 km),
15. Merak-Tangerang (73 km),
16. Tangerang-Jakarta (26,8 km),
17. Jakarta-Cikampek (72,5 km),
18. Palimanan-Kanci (28,8 km)
19. Semarang seksi A (7,5 km)
20. Surabaya-Gempol (43 km)
21. Probolinggo-Banyuwangi (170,36 km)

3. KA Monorel

Proyek monorel yang tertunda-tunda ini semula diperkirakan menelan anggaran senilai Rp5,4 triliun. Namun, tahun ini, pemerintah rencana akan membereskan soal pendanaan, sekaligus memulai tender pembangunan.
monorel

Monorel akan dibangun dalam dua jalur yaitu green line dan blue line. Jalur green line membentang sepanjang 14,2 km melintasi Semangi-Kuningan-Semanggi yang membutuhkan biaya sedikitnya US$350 juta atau sekitar Rp3,1 triliun.

Adapun, untuk jalur blue line sepanjang 12,2 km yang melintasi Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang-Roxy dengan perkiraan biaya yang dibutuhkan sebanyak US$250 juta atau Rp2,2 triliun.

4. Bandara

Pembangunan bandara merupakan salah satu agenda prioritas pemerintah SBY dalam membangun infrastruktur. Bandara itu mencakup bandara internasional, domestik dan perintis. Bandara internasional misalnya Bandara Lombok, Bandara Ahmad Yani (Semarang) dan Bandara Ngurah Rai (Bali). Sedangkan, bandara domestik antara lain Bandara Samarinda Baru dan Bandara Sorong. Untuk angkutan perintis dibangun di Kepulauan Maluku dan Papua.
bandara ngurah rai

Bandara Internasional Lombok yang ini dalam tahap penyelesaian dibangun di lahan seluas 538 hektare dengan landasan 2.750 m x 45 m. Bandara yang dibangun dengan biaya hampir Rp1 triliun ini mampu menampung pesawat-pesawat besar. Total kapasitas penumpang bandara bisa menampung hingga 3 juta orang setiap tahun.

Berikut foto foto Maket Projek Infrastructure Tahun 2011 Lainnya
Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011

Maket Projek Infrastructure Tahun 2011
Video Rencana Pembangunan MRT part 1


Video Rencana Pembangunan MRT part 2


VideoTransportasi Kereta Api Ekonomi Masih Semrawut


source http://fakta-dan-unik.blogspot.com & http://teguhtriharto.blogspot.com 
Jangan Lupa comment dan rate ya?jika commentnya dalam bentuk pertanyaan. nanti saya jawab di komment juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar