Selasa, 05 April 2011

Definisi Program/Pemrograman

Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program)

Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. (Menurut P. Insap Santosa)

Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.

Bahasa Pemrograman Adalah alat untuk membuat program

Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.

Perbedaan: cara memberikan instruksi

Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama

Paradigma Pemrograman

  1. Pemrograman Prosedural

Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial

Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan.

Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.

  1. Pemrograman Fungsional

Berdasarkan teori fungsi matematika

Fungsi merupakan dasar utama program.

  1. Pemrograman Terstruktur

Secara berurutan dan terstrukrtur.

Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.

Contoh: PASCAL dan C

  1. Pemrograman Modular

Pemrograman ini membentuk banyak modul.

Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri

Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.

Contoh: MODULA-2 atau ADA

Paradigma Pemrograman

Pemrograman Berorientasi Obyek

Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi

Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.


 

Pemrograman Berorientasi Fungsi

Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini.

Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.


 

Pemrograman Deklaratif

Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma.

Contoh: PROLOG

Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software)

Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).

Aksi

Kejadian yang terjadi pada waktu yang terbatas dan menghasilkan efek yang memang direncanakan

Dari t0 – t1

Contoh: "aksi Bu Tati mengupas kentang untuk makan malam"

Batasan:

Apa kentang harus dibeli dulu atau sudah ada?

Apakah mengupas berarti sampai kentang terhidang?

Apakah setelah kentang selesai dikupas, harus ada kegiatan lain seperti dibuat sup atau digoreng?

Berarti harus ada kejadian awal = start dan kejadian akhir = finish

Kejadian bu Tati dapat juga diterapkan pada ibu-ibu yang lain, yang juga akan mengupas kentang

Cara (Metode) sebisa mungkin harus bersifat universal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar