Kamis, 03 Februari 2011

Psikologi warna

Dalam desai grafis warna sangat lah penting dalam menentukan sebuah tema pada gambar..lebih jelasnya..monggo dibaca...



Merah. Mencerminkan kekuatan, energi, hasrat, cinta, gairah, semangat, dorongan, dan keinginan. Tetapi warna merah juga memiliki arti bahaya, perang, kekejaman, kekerasan, api, permusuhan, darah, dan agresif.



Merah muda (pink). Mencerminkan sifat kewanitaan, kasih sayang, cinta, romantis, keceriaan, dan keremajaan. Tetapi bisa juga berarti naif, lemah, dan merasa kekurangan.

Oranye. memiliki makna kehangatan, bersemangat, ceria, keseimbangan, musim gugur, menimbulkan getaran, dan warna ini banyak digunakan pada beberapa situs web. Warna ini juga digunakan untuk meminta perhatian.



Kuning. Melambangkan sinar matahari, emas, kekayaan, keberuntungan, dan juga kehidupan. Tetapi warna ini bisa juga melambangkan ketidakjujuran, pengecut, cemburu, iri hati, pengkhianatan, penipuan, kebohongan, resiko, dan sakit.

Hijau. Menggambarkan alam, lingkungan, kehidupan, pertumbuhan, stabil, santai, kesuburan, dan harapan. Tetapi warna ini bisa juga berarti kecemburuan, nasib buruk, iri hati, dan dengki.



Biru. Memiliki makna kepercayaan, kesetiaan, ketenangan, kedamaian, ketulusan, kesejukan, air, awan, harmoni, kebersihan, konservatif, percaya diri, dan penyembuhan. Warna ini merupakan warna yang aman dipakai untuk desain. Selain itu, warna ini juga bermakna kesedihan, kedingingan, depresi, dan penurunan vitalitas.



Ungu (violet). Mencerminkan kebangsawanan, perubahan, dan spiritual. Bisa juga berarti kesombongan, keangkuhan, kejam, kasar, dan duka cita.



Coklat. Berarti tanah, bumi, netral, hangat, aman, dan perlindungan. Bisa juga berarti kotor, tumpul, dan membosankan.



Abu-abu. Bermakna modern, cerdas, bersih, kokoh, masa depan, dan intelektual. Bisa juga berarti umur tua, kesedihan, dan kebosanan.



Putih. Melambangkan kesucian, kebersihan, kemurnian, kesederhanaan, damai, kebaikan, disiplin, perawan, perkawinan, musim dingin, dan salju. Bisa juga bermakna kematian (budaya timur), dingin, mandul, steril, klinik, dan hampa.



Hitam. Bermakna kekuatan, keanggunan, kemewahan, misteri, kecanggihan, kemakmuran, kepuasan, pengalaman, tegas, keras, kokoh, dan sangat kuat. Tetapi memiliki makna negatif kematian (budaya barat), takut, setan, kesedihan, duka cita, marah, anonim, dan penyesalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar